5 Tips Tidur Nyaman Saat Hamil Tua

Tips Tidur Nyaman Saat Hamil Tua

Melalui masa kehamilan merupakan sebuah tantangan besar bagi seorang perempuan. Ada saja berbagai tantangan yang harus dihadapi, pada trimester pertama antara 1-3 bulan, masalah yang sering dihadapi adalah munculnya rasa mual, muntah dan sebagian pancaindera yang terasa lebih sensitif.

Memasuki kehamilan tua, masalah mual mungkin sudah berkurang, namun tentu ada hal lainnya yang sering membuat ibu hamil merasa tidak nyaman yaitu beban di perut yang semakin terasa, punggung yang terasa kian sakit dan pegal serta posisi tidur yang serba salah.

Berbagai rasa tidak nyaman yang dirasakan selama kehamilan ini, tidak jarang memunculkan mood yang buruk. Agar terhindar dari rasa tidak nyaman berkepanjangan, sebaiknya lakukan 7 tips ini.

1. Pilih Posisi Ternyaman

Saat tidur adalah waktu dimana ibu hamil sering merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak?! Perut yang besar dan terasa berat sudah pasti membuat posisi tidur serba salah. Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa posisi paling baik untuk ibu hamil adalah berbaring ke samping kiri karena ini akan membantu suplay oksigen ke janin jadi lebih lancar.

2. Gunakan Penopang

Saat berbaring mengarah ke samping, punggung ibu hamil seringkali merasa pegal. Untuk mengurangi rasa pegal pada bagian punggung serta janin dalam perut lebih aman, gunakan penopang berupa bantal empuk yang diletakkan pada kedua sisi yaitu bagian belakang punggung dan depan perut. Dengan menggunakan semacam pengganjal ini, ibu hamil bisa tidur dengan lebih nyaman.

3. Jangan Makan Terlalu Kenyang

Menjelang tidur, baik itu tidur siang atau malam, hindari untuk makan terlalu kenyang. Rasa kenyang seringkali membuat perut terasa sesak dan susah bernafas. Sebaiknya beri jeda setelah makan, 1-2 jam setelah makan barulah tidur. Jika memang nafsu makan meningkat, ada baiknya makan dalam porsi sedikit namun sering untuk mengcegah rasa kenyang berlebih.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh yang kekurangan cairan akan terasa lemas. Agar ibu hamil tetap merasa bugar, sehat dan perkembangan janin berjalan dengan baik, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cukup. Biasanya, pada saat malam hari ibu hamil sering merasakan haus, untuk itu sediakan selalu air minum dalam botol agar mudah dan praktis.

5. Lakukan Pijat Ringan

Jika memang rasa pegal terasa sangat mengganggu, tidak ada salahnya untuk melakukan pijatan ringan. Namun, pastikan untuk mengindari pijatan pada bagian yang rawan seperti perut. Lakukan pijatan dengan lembut dan jangan terlalu keras. Pijatan masih aman jika dilakukan pada beberapa bagian tubuh seperti punggung, pundak, kaki dan tangan.

Semoga saja 5 tips tadi berhasil mengatasi rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. Salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *